Wednesday, 11 October 2017


Mata Kuliah    : Desain Permodelan Grafik
Nama               : Ryenfild Naufal Nafaro
NPM                 : 56415314
Kelas                : 3IA21
Nama Dosen   : Syefani Rahma Deski

Jurnal 1

Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Pembuatan Desain Pemodelan Grafis

Pengaruh Kebudayaan
Kebudayaan merupakan sarana hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Budaya  digunakan sebagai sumber pemikiran untuk mengambangkan suatu desain grafis. Dalam pengaruhnya dibidang desain grafis dapat dilihat dalam pembuatan kerajinan daerah seperti batik.

Pengaruh Teknologi
Teknologi komputer mempengaruhi perkembangan desain secara umum, dan desain grafis secara khusus. Teknologi komputer mendorong terjadinya banyak perubahan dalam desain grafis. Perubahan telah terjadi seiring berkembangnya teknologi komputer. Sangat jarang kita temui iklan dengan gambar outline dan background dengan satu warna primer seperti pada iklan tahun 1960-an. Majalah kini menjadi lebih berwarna dengan model, warna dan komposisi.

Bidang studi yang berkaitan dengan desain pemodelan grafis

Psikologi
Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Para psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok, selain juga mempelajari tentang proses fisiologis dan neurobiologis yang mendasari perilaku. Psikologi ini berkaitan dengan desain grafis contohnya dalam bidang Psikologi warna. 

Ergonomi
Dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat antarmuka antara manusia dan mesin.

Ilmu Bahasa
Ilmu Bahasa Komunikasi antara manusia dengan komputer melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa alami’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti bahasa komputasi dan bahasa teori formal ilmu komputer yang digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog antara manusia dengan komputer.

Sosiologi
Sosiologi dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia dengan komputer pada struktur lingkungannya.

Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai perangkat keras, tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, perangkat lunak juga berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi manusia dengan komputer.

Manfaat Desain Pemodelan Grafik dalam berbagai Bidang

Pendidikan
Grafik komputer digunakan untuk mempresentasikan objek secara nyata yang dapat disampaikan melalui aplikasi PowerPoint ataupun software lainnya. Dengan menggunakan bentuk objek seperti ini, manusia dapat menerima semua materi dengan lebi baik, tidak hanya teori tetapi juga melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik ,gambar kerangka manusia, susunan tubuh manusia dan lain-lain.

Hiburan
Semua acara hiburan di televisi banyak menggunakan grafik komputer. Mulai dari film kartun, iklan dan acara sinetron juga disisipkan grafik komputer. Grafik komputer dapat berupa efek animasi yang dapat membuat media hiburan semakin menarik.

Perancangan
Grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya untuk mendesain arsitektur bangunan, kendaraan dan lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti AutoCad akan mempermudah pekerjaan dan memberi kesan lebih spesifik dalam perancangan yang dibuat serta memperkecil tingkat kesalahan sehingga dapat menghasilkan model yang mirip seperti asli.

Budaya
Desain pemodelan grafik dapat digunakan dalam berbagai macam hal seperti dalam budaya. Pahatan batu pada candi-candi di Indonesia, desain gambar pada batik merupakan desain grafis. Desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.

Teknologi
Desain grafis terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.

Jurnal 2

Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Pembuatan Desain Pemodelan Grafik
Ada sebuah pengaruh terhadap kebudayaan dan juga teknologi dari suatu desain pemodelan grafis. Budaya yang digunakan sebagai sumber pemikiran utnuk mengembangkan suatu desain grafis. Banyak budaya yang digunakan sebagai desain grafis, contohnya adalah kerajinan kain daerah, keramik dan lain-lain.
Kerajinan kain daerah merupakan warisan turun menurun dari nenek moyang yang indah untuk dijadikan sebagai sumber pikiran dalam melakukan pembuatan desain grafis, contoh perealisasiannya adalah batik dan songket. Sedangkan teknologi pun turut andil dalam perkembangan desain grafis. Dengan semakin majunya perkembangan teknologi maka semakin mudah untuk menciptakan karya desain grafis dengan waktu yang cepat dan dapat menghasilkan lebih banyak desain grafis sehingga lebih mengefisienkan segalanya.
Desain Pemodelan Grafis juga berkaitan erat dengan grafik komputer. Berikut kegiatan yang terkait dengan grafik komputer :
  1. Pemodelan geometris yaitu menciptakan model matematika dari objek 2D dan 3D
  2. Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk
  3. Animasi yaitu menampilkan tingkah laku objek bergantung waktu
  4. Kerangka Grafik Komputer
  5. Graphic library seperti OpenGL adalah perantara aplikasi dan display hardware
  6. Application program memetakan objek aplikasi ke citra dengan memanggil graphics library
  7. Hasil dari interaksi user menghasilkan dan memodifikasi citra
  8. Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dan lain-lain
Pengaruh lain dari kebudayaan dan teknologi desain pemodelan grafis yang lainnya adalah pengiklanan. Pengiklan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya, sub-budaya dan kelas sosial pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
Setiap kebudayaan terdiri dari kumpulan sub-budaya yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub-budaya dapat dibedakan menjadi empat jenis: kelompok nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras dan area geografis. Banyak sub-budaya membentuk segmen pasar penting dan pemasar sering kali merancang produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Analyst

URL:
  1. https://guntur24.wordpress.com/2014/11/06/pengaruh-kebudayaan-dan-teknologi-dalam-membuat-design-pemodelan-grafis/
  2. http://dy06cool.blogspot.co.id/2012/10/pengaruh-kebudayaan-dan-teknologi-dalam.html
Penjelasan secara singkat dari 2 jurnal tersebut :
2 jurnal ini membahas bagaimana pengaruhnya kebudayaan dan teknologi dalam dunia grafis. Karena hari demi hari perkembangan kebudayaan dan teknologi untuk desain grafis sangatlah cepat dan semakin mudah
Kesimpulan:
Pemodelan grafik sangatlah berguna karena digunakan dimana saja, seperti untuk dunia per-filman animasi animasi tersebut dibuat oleh pemodelan grafik . serta untuk umumnya yang kita lihat adalah iklan

Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Pembuatan Desain Pemodelan Grafis

Pages (5)12345 Next

 
Welcome to my blog © 2015 - Designed by Renvil and Templateism