Mata
Kuliah : Desain Permodelan Grafik
Nama
: Ryenfild Naufal Nafaro
NPM
: 56415314
Kelas
: 3IA21
Nama
Dosen : Syefani Rahma Deski
Jurnal 1
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Pembuatan Desain
Pemodelan Grafis
Pengaruh Kebudayaan
Kebudayaan
merupakan sarana hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Budaya digunakan
sebagai sumber pemikiran untuk mengambangkan suatu desain grafis. Dalam
pengaruhnya dibidang desain grafis dapat dilihat dalam pembuatan kerajinan
daerah seperti batik.
Pengaruh Teknologi
Teknologi
komputer mempengaruhi perkembangan desain secara umum, dan desain grafis secara
khusus. Teknologi komputer mendorong terjadinya banyak perubahan dalam desain
grafis. Perubahan telah terjadi seiring berkembangnya teknologi komputer.
Sangat jarang kita temui iklan dengan gambar outline dan background dengan satu
warna primer seperti pada iklan tahun 1960-an. Majalah kini menjadi lebih
berwarna dengan model, warna dan komposisi.
Bidang studi yang berkaitan dengan desain pemodelan grafis
Psikologi
Psikologi
adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari
mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Para psikolog
berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu maupun
kelompok, selain juga mempelajari tentang proses fisiologis dan neurobiologis
yang mendasari perilaku. Psikologi ini berkaitan dengan desain grafis contohnya
dalam bidang Psikologi warna.
Ergonomi
Dikonsentrasikan
lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu
data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan
lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari
alat antarmuka antara manusia dan mesin.
Ilmu Bahasa
Ilmu
Bahasa Komunikasi antara manusia dengan komputer melibatkan penggunaan dari
berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa alami’, suatu bahasa
barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa
grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti bahasa
komputasi dan bahasa teori formal ilmu komputer yang digunakan secara luas
dalam spesifikasi formal dari dialog antara manusia dengan komputer.
Sosiologi
Sosiologi
dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia dengan komputer pada
struktur lingkungannya.
Teknik Elektronika
Ilmu
ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer.
Karena berbicara mengenai perangkat keras, tidak terlepas dari pembicaraan
mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, perangkat lunak
juga berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik
elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem
interaksi manusia dengan komputer.
Manfaat Desain Pemodelan Grafik dalam berbagai Bidang
Pendidikan
Grafik
komputer digunakan untuk mempresentasikan objek secara nyata yang dapat
disampaikan melalui aplikasi PowerPoint ataupun software lainnya. Dengan
menggunakan bentuk objek seperti ini, manusia dapat menerima semua materi
dengan lebi baik, tidak hanya teori tetapi juga melihat bentuk dan simulasinya.
Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik ,gambar kerangka
manusia, susunan tubuh manusia dan lain-lain.
Hiburan
Semua
acara hiburan di televisi banyak menggunakan grafik komputer. Mulai dari film
kartun, iklan dan acara sinetron juga disisipkan grafik komputer. Grafik
komputer dapat berupa efek animasi yang dapat membuat media hiburan semakin
menarik.
Perancangan
Grafik
komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan
dibuat. Misalnya untuk mendesain arsitektur bangunan, kendaraan dan lainnya.
Menggunakan software desain grafis seperti AutoCad akan mempermudah pekerjaan
dan memberi kesan lebih spesifik dalam perancangan yang dibuat serta
memperkecil tingkat kesalahan sehingga dapat menghasilkan model yang mirip
seperti asli.
Budaya
Desain
pemodelan grafik dapat digunakan dalam berbagai macam hal seperti dalam budaya.
Pahatan batu pada candi-candi di Indonesia, desain gambar pada batik merupakan
desain grafis. Desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai
penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.
Teknologi
Desain
grafis terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi
bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya,
seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang tercermin dalam bentuk desain.
Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek mereka.
Jurnal 2
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Pembuatan Desain
Pemodelan Grafik
Ada
sebuah pengaruh terhadap kebudayaan dan juga teknologi dari suatu desain
pemodelan grafis. Budaya yang digunakan sebagai sumber pemikiran utnuk
mengembangkan suatu desain grafis. Banyak budaya yang digunakan sebagai desain
grafis, contohnya adalah kerajinan kain daerah, keramik dan lain-lain.
Kerajinan
kain daerah merupakan warisan turun menurun dari nenek moyang yang indah untuk
dijadikan sebagai sumber pikiran dalam melakukan pembuatan desain grafis,
contoh perealisasiannya adalah batik dan songket. Sedangkan teknologi pun turut
andil dalam perkembangan desain grafis. Dengan semakin majunya perkembangan
teknologi maka semakin mudah untuk menciptakan karya desain grafis dengan waktu
yang cepat dan dapat menghasilkan lebih banyak desain grafis sehingga lebih
mengefisienkan segalanya.
Desain
Pemodelan Grafis juga berkaitan erat dengan grafik komputer. Berikut kegiatan
yang terkait dengan grafik komputer :
- Pemodelan geometris yaitu menciptakan model matematika dari objek 2D dan 3D
- Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk
- Animasi yaitu menampilkan tingkah laku objek bergantung waktu
- Kerangka Grafik Komputer
- Graphic library seperti OpenGL adalah perantara aplikasi dan display hardware
- Application program memetakan objek aplikasi ke citra dengan memanggil graphics library
- Hasil dari interaksi user menghasilkan dan memodifikasi citra
- Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dan lain-lain
Pengaruh
lain dari kebudayaan dan teknologi desain pemodelan grafis yang lainnya adalah
pengiklanan. Pengiklan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya,
sub-budaya dan kelas sosial pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar
dari keinginan dan perilaku seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai
dasar, persepsi, keinginan dan perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota
masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
Setiap
kebudayaan terdiri dari kumpulan sub-budaya yang memberikan identifikasi dan
sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub-budaya dapat
dibedakan menjadi empat jenis: kelompok nasionalisme, kelompok keagamaan,
kelompok ras dan area geografis. Banyak sub-budaya membentuk segmen pasar
penting dan pemasar sering kali merancang produk dan program pemasaran yang
disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
Analyst
URL:
- https://guntur24.wordpress.com/2014/11/06/pengaruh-kebudayaan-dan-teknologi-dalam-membuat-design-pemodelan-grafis/
- http://dy06cool.blogspot.co.id/2012/10/pengaruh-kebudayaan-dan-teknologi-dalam.html
Penjelasan
secara singkat dari 2 jurnal tersebut :
2
jurnal ini membahas bagaimana pengaruhnya kebudayaan dan teknologi dalam dunia
grafis. Karena hari demi hari perkembangan kebudayaan dan teknologi untuk
desain grafis sangatlah cepat dan semakin mudah
Kesimpulan:
Pemodelan
grafik sangatlah berguna karena digunakan dimana saja, seperti untuk dunia
per-filman animasi animasi tersebut dibuat oleh pemodelan grafik . serta untuk
umumnya yang kita lihat adalah iklan
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Pembuatan Desain Pemodelan Grafis
06:58
softskill