Monday, 25 September 2017

Konsep Pemodelan Grafik




Mata Kuliah    : Desain Pemodelan Grafik
Nama              : Ryenfild Naufal Nafaro
NPM               : 56415314
Kelas               : 3IA21
Nama Dosen   : Syefani Rahma Deski

-           1. Jelaskan Pengertian Desain
Jawab : desain grafik adalah bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagai penyampaian informasi secara efisien & efektif.

Sumber :
-           2. Jelaskan Pemodelan Grafik
Jawab : ilmu yang mempelajari tentang membuat dan menciptakan objek baru berupa seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang dirancang dengan perangkat lunak yang proses pembuatannya terdiri dari 3 langkah yaitu pembuatan, penyimpanan, dan manipulasi model dan citra.

Sumber : 
-             
              3.Prinsip & unsur desain grafik
Jawab :
Prinsip kesederhanaan --> untuk memudahkan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan
Prinsip Keseimbangan --> kondisi keadaan atau kesamaan antara kekuataan yang saling berhadapan agar menimbulkan kesan seimbang secara visual
Prinsip Kesatuan --> konsistensi atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi. Seperti ilustrasi, garis dan teks diberi raster sehingga menampilkan kesan yang dimaksudkan.
Perlu diingat  : raster(bitmap image) adalah gambar digital yang terbentuk dari sekumpulan titik penyusun gambar / picture-x element
Prinsip Penekanan --> prinsip yang menekankan minat para pembaca sehingga ia penasaran kemudian melihat dan membaca isi desain yang dimaksud.
Prinsip Irama --> unsur unsur pendukung karya seni, tujuan irama ini untuk mewujudkan selisih diantara dua ruang waktu. Seperti jarak antara teks dan tepi kertas.
Unsur Garis --> garis yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga membentuk garis lengkung / curve dan garis lurus / straight, guna untuk membangun bentuk atau konstruksi desain
Unsur Shape --> unsur yang memiliki diameter tinggi dan lebar, seperti bentuk kotak,lingkaran dan segitiga
Unsur Tekstur --> tampilan permukaan / corak dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba .
Unsur Ruang --> jarak suatu bentuk dengan bentuk lainnya,.
Unsur Ukuran --> mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
Unsur Warna --> unsur yang menampilkan identitas, menyampaikan pesan dari bentuk visual visual yang jelas  

Sumber : 
-          
            4.Jenis jenis desain grafik

Jawab :
Drafter --> bagian yang membuat arsitektur dan rancangan bangun yang simetris dan digunakan untuk keperluan pembuatan sesuatu yang memerlukan ketelitian tinggi
Editor --> bagian yang membuat cover,sampul,banner.
Layouter --> bagian yang membuat tataan halaman sebuah majalah atau koran khusus agar terlihat menarik
Art Director --> bagian yang membuat effect tambahan / membuat hiasan .
Animator --> bagian yang bekerja dalam bidang motion graphic, iklan, atau film fantasi.
Video Editor --> bagian yang bekerja mengedit video yang telah dibuat oleh animator tersebut untuk mengedit resolusi layar,format yang digunakan, dan efek audio

Sumber :

About the Author

Renvil Naufal Nafaro

Author & Editor

Biasakan untuk copy paste sertakan sumber

Post a Comment

 
Welcome to my blog © 2015 - Designed by Renvil and Templateism