Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik
Nama : Ryenfild Naufal Nafaro
NPM : 56415314
Kelas : 3IA21
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
Desain Pemodelan Grafik
I.
Latar
Belakang Masalah
Ilmu
pengetahuan dan teknologi dalam bidang desain, dewasa ini telah berkembang
dengan pesat. Hal ini ditandai dengan adanya banyak orang dengan profesi
sebagai designer atau animator yang merupakan cabang dari bidang desain
tersebut. Hal ini dapat juga ditandai dengan maraknya berbagai program yang
dapat digunakan dalam membuat desain atau animasi tersebut. Nah, dalam kasus
saya, saya pun ikut merasakan sebagian kecil dampak dari perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi tersebut. Entah ini dapat disebut sebagai dampak atau
tidak, yang jelas sayapun ikut merasakan hal tersebut yang mana akan dirasakan
pula oleh seluruh bangsa, baik yang awam maupun tidak. Contohnya, dalam
perkuliahan saya yang berada di jurusan Teknik Informatika, saya mendapatkan
tugas untuk membuat sebuah objek bergerak yang sederhana dengan menggunakan
salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk design ini, dan nama aplikasi
tersebut adalah Blender.
II.
Tujuan
Tujuan
saya membuat makalah ini, yang pertama adalah sebagai syarat untuk
menyelesaikan tugas matakuliah Softskill
saya yang membutuhkan adanya duatu desain objek yang bergerak, serta makalah
untuk penjelasan objek tersebut dan tugas lain yang melengkapinya. Semoga
dengan adanya makalah ini diharapkan dapat berguna bagi kita semua.
Bab II
Pembahasan
II.
Langkah-Langkah
Pembuatan Objek
Pertama-tama,
kita buka program atau aplikasi blender yang akan kita gunakan kemudian kita
delete objek default yang sudah ada (cube), lalu kita ganti dengan objek baru
yaitu silinder atau tabung dengan cara klik “add” pada menu diatas, lalu pilih
mesh, lalu pilih cylinder. Pada bagian add vertical, kita ganti angka 32
menjadi 17 untuk membuat garis-garis pada badan tabung dan me-resizenya dengan
cara menekan huruf S pada keyboard untuk Scale. Setelah itu kita delete bagian atas atau tutup
tabung dengan cara delete verticals. Sehingga menjadi sebuah tabung yang
terbuka. Setelah itu kita tambahkan modifier solidify untuk menambahkan
ketebalan gelas. Setelah itu kita klik face select mode untuk membuat handle
gelas. Caranya kita blok bagian yang akan kita buat handle, lalu tarik ke
samping. Lalu ujungnya kita miringkan agar dapat dihubungkan dengan sebuah
bentuk lengkung. Setelah handle gelas terbentuk, kita berikan shading smooth
dan pada modifier subdivision surface maka handle gelas akan berubah menjadi
melengkung. Lalu pada bagian subdivision, dan rendernya, kita tambahkan agar
permukaan gelas menjadi lebih halus. Lalu kita select dan modif gelas tersebut
sebisa mungkin agar bentuk lengkungnya tidak terlalu besar bulat. Kita dapat
memipihkan lengkungan gelas tersebut sehingga dapat berbentuk seperti handle
gelas sebenarnya. Setelah itu barulah kita tambahkan modifier texture untuk
merubah warna dan tekstur gelas sesuai yang kita inginkan. Jangan lupa
tambahkan animasi agar objek lebih terlihat menarik.
Bab
III
Penutup
I.
Kesimpulan
Jadi,
kesimpulannya adalah, dewasa ini banyak sekali aplikasi atau program yang
tersedia untuk menunjang kita dalam hal pembuatan design atau animasi yang
dapat kita kembangkan sesuai dengan imajinasi serta kebutuhan kita
masing-masing. Sudah banyak aplikasi yang ada dan tersedia yang dapat
mempermudah kita dalam pembuatan tugas kuliah maupun pekerjaan, ataupun
bersenang-senang untuk sekedar menyalurkan hobi. Aplikasi blender merupakan
salah satu aplikasi penunjang yang sifatnya seperti saya sebutkan diatas.
II.
Saran
Saran
saya untuk kita semua, saya sarankan agar belajar lagi untuk mendalami apliaksi
blender ini. Agar animasi atau design yang kita buat semakin canggih dan bagus
lagi sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dalam nilai ataupun nilai jual
sehingga dapat kita jual sebagai penghasilan kita. Sekian dan terima kasih.
Daftar Pustaka
www.youtube.com
(tutorial pembuatan objek)
Post a Comment